Jabatan Fungsional Pengawas Mutu Pakan adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, wewenang untuk melakukan kegiatan pengawasan dan pengujian mutu pakan sesuai dengan peraturan perudang-undangan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil.  

Pengawas Mutu Pakan adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwewenang untuk melaksanakan kegiatan pengawasan dan pengujian mutu  pakan sesuai dengan peraturan perudang-undangan.

Pengawas Mutu Pakan Tingkat Terampil adalah pejabat fungsional yang dalam pelaksanaan pekerjaannya mempergunakan prosedur dan teknik kerja tertentu.

Pengawas Mutu Pakan Tingkat Ahli adalah pejabat fungsional yang dalam pelaksanaan pekerjaannya didasarkan atas disiplin ilmu pengetahuan, metodologi dan teknik analisis tertentu.

Pengawasan Mutu Pakan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengawasi pembuatan dan peredaran bahan baku pakan dan pakan dengan tujuan agar pakan yang dibuat dan diedarkan memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan.

Persyaratan Pengawas: Pengawas mutu pakan hanya dapat dilakukan oleh pejabat Fungsional Mutu Pakan. Apabila disuatu dinas yang membidangi fungsi peternakan dan/atau kesehatan hewan belum mempunyai Pejabat Fungsional Mutu Pakan, maka pengawas mutu pakan dapat dilakukan oleh Petugas Pengawas Mutu Pakan.

Pelatihan Pengawas Mutu Pakan: Pelatihan pengawas mutu pakan meliputi pelatihan teknis pengawasan mutu pakan dan pelatihan fungsional mutu pakan

Tugas: Melakukan pengawasan di tingkat produsen, distributor/agen/pengecer, alat transportasi dan peternak/pengguna bahan baku pakan dan pakan