Logo

Direktorat Pakan

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
Kementerian Pertanian Indonesia

 
Tindak Lanjut Kerjasama Indonesia-Belanda di aspek perbaikan suplai pakan sapi perah.
Kamis, 26 November 2015 Oleh Admin
    814 dibaca

Sebagai tindak lanjut dari telah ditandatanginya dokumen Memorandum of Cooperation (MoC) antara Dirjen PKH dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda pada bulan Juli 2014, salah satunya adalah aspek perbaikan suplai pakan sapi perah dengan PJ Direktur Pakan. Menurut dokumen MoC total bantuan sebesar 4,2 juta euro, dimana untuk kerjasama bidang pakan sapi perah sebesar 87.525 euro dan akan dilaksanakan selama 3 tahun (2014-2016).

Sesuai dengan PDM (Project Design Matrix) yang merupakan lampiran dari dokumen MoC, kerjasama untuk perbaikan suplai pakan sapi perah akan dilaksanakan di dua lokasi KUD yang telah dipilih berdasarkan instrument dan melalui proses yang cukup panjang oleh Tim Belanda-Indonesia (Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat dan Direktorat Pakan) yaitu di (1) Koperasi Saluyu Kuninangan dan (2) KPSGS Cikajang Garut.

Pada tanggal 14-24 September 2015 telah dilakukan pemilihan lokasi demo-plot penanaman HPT dan demo-farm di kedua lokasi oleh Tim dari Belanda, Dinas Provinsi, Direktorat Pakan dan Fapet IPB. Pemilihan lokasi demo plot untuk penanaman HPT mempertimbangkan potensi lahan, sumber air dan jenis tanah. Hal ini untuk menentukan jenis HPT yang tepat untuk ditanam dan dikembangkan. Selain itu untuk mengetahui perlakuan yang tepat untuk mengelola lahan tersebut sebagai area pengembangan HPT. Diharapkan demo farm dapat memberikan inspirasi bagi kelompok lain dalam koperasi di Garut dan Kuningan untuk dapat mengembangkan HPT yang sesuai dengan lahannya masing-masing.

Sedangkan untuk perbaikan konsentrat juga telah dilakukan pendampingan dari mitra Belanda yaitu PT. Throuw Nutrition kepada manajer pakan yang menjadi penanggung jawab pembuatan pakan di setiap koperasi. Selain itu dari sisi peralatan dan mesin untuk pengolah pakan, setiap koperasi dilakukan pendampingan oleh mitra Belanda yaitu perwakilan dari Ottevanger (Mr. Paul) untuk mengunjungi Koperasi dalam rangka assessment kondisi Feedmill yang ada di Koperasi (processing, kelayakan peralatan dan upgrade peralatan dll).

Tindak lanjut kegiatan direncanakan akan dilaksanakan pelatihan Training of Trainer mengenai peningkatan kualitas pakan sapi perah di masing-masing koperasi pada bulan November 2015 dengan melibatkan narasumber dari praktisi dan perguruan tinggi yang terlibat dengan program kerjasama ini.

 
ARTIKEL POPULER
PENGUNJUNG
Mouse Pengunjung Online: 38
  Pengunjung Hari Ini: 63
  Total Kunjungan: 223680